Investasi Jangka Panjang Lewat Tablet Tambah Darah

Halo sahabat Kisara!

Kalian punya pengalaman diberikan tablet tambah darah di sekolah? Biasanya kalian minum atau kalian taruh di kolong meja sampai lupa kalau ada tablet tambah darah disana? Kalian tim yang mana, nih?

Tahukah kalian kalau minum tablet tambah darah secara rutin merupakan investasi jangka panjang untuk Perempuan, loh. Perempuan mengalami siklus menstruasi setiap bulannya dan terdapat kemungkinan Perempuan mengalami yang namanya Anemia. Menurut Kemenkes RI, Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Biasanya wajah akan terlihat pucat, badan terasa mudah lelah, pusing dan sakit kepala. Ketika Perempuan mengalami anemia, akan berdampak pada kesehatan serta prestasinya di sekolah. Hal ini juga akan menjadi resiko ketika Perempuan mengalami kehamilan. Anemia akan menghambat perkembangan janin menjadi tidak optimal sehingga berpotensi mengalami komplikasi kehamilan dan persalinan serta kematian ibu dan anak. Bisa kebayangkan seremnya sahabat Kisara?

Perempuan jika nantinya melahirkan seorang anak, maka nutrisi yang diberikan di masa kehamilan harus tercukupi untuk janinnya. Tablet tambah darah diminum sebagai pengganti zat besi yang hilang bersama darah pada wanita haid, wanita hamil, menyusui yang kebutuhan Zat besinya sangat tinggi dan perlu dipersiapkan sedini mungkin semenjak remaja. Nah, dengan minum tablet tambah darah kalian sudah melakukan satu hal preventif yang dilakukan untuk mencegah stunting, stunting itu apa? Stunting merupakan suatu kondisi dimana tinggi badan anak lebih rendah dari rata-rata untuk usianya, hal ini disebabkan karena kekurangan nutrisi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Menurut Kemenkes RI, Stunting dapat terjadi akibat kekurangan gizi pada saat 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Jadi, bisa dibilang minum tablet tambah darah merupakan investasi untuk diri sendiri dan juga calon anak yang akan dilahirkan.

Penting banget, kan, tablet tambah darah ini? Setiap minggunya Perempuan dianjurkan minum 1 tablet darah lalu saat menstruasi dianjurkan minum 1 tablet setiap hari. Hal ini perlu dibarengi dengan makan-makanan yang bergizi dan pola hidup yang sehat, ya, sahabat Kisara. Manfaat lain dari tablet tambah darah apa, sih? Manfaat lain tablet tambah darah, yaitu untuk mengobati wanita remaja putri yang menderita anemia dengan meningkatkan kadar hemoglobin, meningkatkan fokus belajar, dan meningkatkan status gizi dan kesehatan remaja putri dan wanita. Manfaat ini sudah dibuktikan di beberapa jurnal ilmiah, ya!

“Tapi kalau minum tablet darah jadinya mual kak”

Ada caranya, loh, supaya sahabat Kisara tidak mual saat meminum tablet darah. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  1. Jangan minum saat keadaan perut kosong.
  2. Selalu makan makanan dengan gizi seimbang.
  3. Minum saat malam hari menjelang tidur.

“Supaya efektif tabletnya, apakah ada aturan minumnya?”

Jawabannya, ada. Menurut Kemenkes RI, ada cara supaya konsumsi tablet darah efektif dalam mencegah anemia:

  1. Harus disertai dengan penerapan asupan makanan bergizi seimbang, cukup protein, dan kaya zat besi.
  2. Minum tablet tambah darah dengan air putih.
  3. Konsumsi buah-buahan sumber vitamin C (jeruk, pepaya, mangga, jambu biji, dll) untuk meningkatkan penyerapan TTD agar lebih efektif.
  4. Jangan minum tablet tambah darah dengan teh, kopi, atau susu karena akan menghambat penyerapan zat besi.

Nah, udah tau, kan, manfaat dan tips minum tablet tambah darah? Yuk, investasi jangka panjang lewat tablet tambah darah!

Viva Youth Viva Kisara!

Penulis: I. A. Putu Wahyu Sri Saraswati

Leave a Replay

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top