Yuk, Menjadi Produktif dengan Mini Habits!

Sumber: Dokumen Pribadi

Beberapa di antara kalian pasti pernah mendengar kata “mini habits” bukan? Mini habits adalah cara membuat kebiasaan hanya dengan melakukan hal yang kecil. Untuk menjadi produktif, kita bisa melakukan hal-hal yang kecil setiap harinya agar dapat membangun kebiasaan yang baik. Terkadang saat kita punya impian yang besar, seringkali kita gagal meraihnya karena beberapa faktor, salah satunya yaitu strategi yang digunakan. 

Misalnya nih ketika pengen dapet nilai yang bagus tapi belajarnya hanya ketika ujian tiba, hasilnya nilai jadi pas-pasan dan jauh dari nilai yang diharapkan. Beda halnya kalau pengen dapet nilai bagus dan berkomitmen untuk belajar selama 10 menit setiap hari. Nilai yang bagus pasti akan kamu dapatkan jika menggunakan metode kecil tersebut apabila dilakukan secara rutin setiap hari.

Supaya kalian makin semangat dalam mencapai tujuan yang diinginkan, kalian perlu tahu strategi mini habits karena strategi ini dapat membangun kebiasaan otomatis dari diri kita. Melakukan hal kecil secara rutin setiap hari lebih bermakna daripada melakukan hal besar sekali. 

Ketika kamu ingin kurus, kamu berkomitmen untuk melakukan push up (bukan push rank) satu kali setiap hari. Melakukan push up satu kali setiap hari adalah hal yang mudah untuk dilakukan bukan? Jika kamu melakukannya setiap hari, hal tersebut menjadi lebih bermakna daripada kamu melakukan 50 push up sekaligus dalam satu hari saja. 

Hal-hal kecil yang mudah untuk dilakukan secara rutin menjadi alasan kenapa mini habits dapat memberikan dampak positif menuju kesuksesan. Hal-hal kecil tersebut akan menjadi kebiasaan apabila dilakukan setiap hari. Mini habits dapat kita lakukan dengan memahami 3 kunci dari mini habits sendiri. Apa saja 3 kunci tersebut?

  1. Tekad

Kebulatan hati menjadi kunci pertama untuk membangun mini habits. Sebelum melakukan apapun, kita harus punya ketetapan hati serta niat yang kuat untuk melakukan sesuatu. Seberapa berat perjalanan nanti tak akan memengaruhi apabila sudah punya tekad yang bulat untuk terus berjuang.

Tekad dan niat yang kuat akan menjadi motivasi dari dalam diri untuk terus melangkah ke depan. Ketetapan hati yang sudah dimiliki dapat membangun sikap optimisme dalam diri. Sikap optimisme sangat menentukan keberhasilan dalam membangun mini habits untuk meraih sukses atas mimpi yang diinginkan. Apapun keinginanmu akan lebih mudah apabila sudah mempunyai tekad yang kokoh. 

  1. Target

Setelah memiliki tekad yang kuat, selanjutnya kita dapat memilih target mana yang akan menjadi acuanmu saat ini. Jangan biarkan kehidupan kamu mengalir begitu saja terbawa arus, kamu harus berani untuk melawan arus dengan cara mencari target sesuai kebutuhan kamu. Ibaratnya begini, ketika kamu lapar, tidak mungkin kan makanan datang begitu saja. Kamu tentunya harus bergerak ke dapur dan memasak makanan untuk dirimu sendiri. Dalam membangun sebuah kebiasaan, kamu harus tahu dulu arah gerakmu ke mana. Ketika kamu ingin produktif menjalani hari-hari, kamu bisa melakukan hal yang sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan seperti melakukan aktivitas fisik ringan selama sepuluh menit setelah bangun tidur, atau minum air hangat, atau bahkan membaca buku motivasi selama lima menit setiap harinya sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. 

  1. Konsisten

Kunci keberhasilan dalam membangun sebuah kebiasaan yang terbentuk dari mini habits, yaitu konsisten melakukan kebiasaan kecil setiap hari. Melakukan hal kecil tanpa henti lebih baik daripada tidak melakukan apapun. Inilah tantangan yang sebenarnya dari mini habits. Banyak yang gagal melakukan sebuah kebiasaan kecil karena tidak konsisten dalam melakukannya. Tidak konsisten pada hal kecil yang ingin dilakukan terjadi karena memiliki keraguan tekad sehingga tekadnya mudah tergoyah apabila ada gangguan dari internal maupun eksternal. 

Lain halnya kalau sudah memiliki kebulatan hati yang kuat serta sudah memiliki target dan kebiasaan kecil yang akan dilakukan, motivasi akan datang dan berkata “ayo lakukan setiap hari” sehingga kita bisa konsisten terhadap kebiasaan kecil yang ingin dilakukan. Suasana hati yang kacau balau akibat stres dapat mengganggu mini habits yang kita jalani. Maka dari itu, temukan hal-hal yang mengganggu dan segera selesaikan masalahmu supaya kebiasaan kecil yang sudah dilakukan tidak terganggu.

Dari tadi kita sudah banyak membahas terkait mini habits sehingga kalian jadi lebih paham tentang kebiasaan kecil yang bisa menjadi kebiasaan otomatis apabila dilakukan secara rutin setiap harinya. Nah, sekarang giliran kamu buat mencatat keinginan kamu dan lakuin hal kecil setiap hari yang mengarah ke target besarmu tersebut. Jika kamu berhasil mengubah hal-hal kecil menjadi sebuah kebiasaan, percaya deh kamu bakal sukses mencapai targetmu. Jangan lupa untuk terus konsisten pada kebiasaan kecil yang ingin kamu lakukan ya. See ya!

Viva Youth, Viva Kisara!
Valerina Andhani

Leave a Replay

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top